ANTAM Mendukung Kebijakan Pemerintah Terkait Implementasi Praktik Penambangan Yang Baik

14

Jakarta, 3 November 2016 – PT ANTAM (Persero) Tbk (IDX: ANTM; ASX: ATM; ANTAM) menyatakan bahwa Perusahaan mendukung kebijakan Pemerintah yang mendorong pelaksana kegiatan pertambangan untuk mengikuti regulasi pertambangan dan pengelolaan lingkungan serta praktik-praktik penambangan yang baik. Pemenuhan kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong pelaku usaha pertambangan baik skala besar maupun kecil untuk mendapatkan manfaat ekonomi sekaligus menciptakan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Direktur Human Capital dan CSR ANTAM, I Made Surata mengatakan:

” Sebagai bagian dari corporate citizen yang baik di Indonesia, ANTAM yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam mendorong semua pihak baik pelaku industri pertambangan skala besar dan kecil untuk dapat melaksanakan praktik penambangan yang baik. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui pemenuhan regulasi baik peraturan bidang pertambangan, lingkungan hidup dan kewajiban yang berkaitan dengan pendapatan negara. ANTAM mengharapkan terciptanya keberlanjutan antara kegiatan pertambangan dengan lingkungannya dalam aspek legalitas sesuai ketentuan undang-undang. “

Menyikapi adanya aktivitas penambangan yang dilakukan oleh beberapa komunitas skala kecil, berdasarkan salah satu jurnal penelitian di Indonesia, terdapat 2 kategori penambang skala kecil di Indonesia yakni penambang legal dan penambang ilegal. Penambang legal adalah penambang yang telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan oleh regulasi nasional, antara lain bekerja di wilayah Ijin Usaha Pertambangan Rakyat, memiliki Ijin Pertambangan Rakyat dan memenuhi semua kewajiban yang berhubungan dengan aktivitas penambangan tersebut. Sedangkan penambang ilegal adalah penambang yang tidak memiliki ijin usaha pertambangan, termasuk penambang yang melakukan penambangan di konsesi perusahaan tambang legal dan melakukan tindakan pencurian, sabotase dan perusakan terhadap perusahaan tambang legal.

Dalam melaksanakan kegiatan operasional di tambang emas Pongkor, ANTAM menghadapi tantangan penambang emas tanpa ijin atau penambang ilegal (PETI). PETI di Pongkor melakukan penambangan ilegal bijih emas yang mengakibatkan kerugian finansial, gangguan operasi tambang, keselamatan kerja dan kerusakan lingkungan jangka panjang yang berujung kepada kerugian negara dan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Dalam penanganan kasus PETI di Pongkor, ANTAM didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Bogor dan aparat keamanan dalam penertiban penambang emas ilegal.

Source ANTAM Mendukung Kebijakan Pemerintah Terkait Implementasi Praktik Penambangan Yang Baik

Leave A Reply

Your email address will not be published.