ANTAM Menandatangani Fasilitas Lindung Nilai dengan Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Negara Indonesia

17

Jakarta, 25 Mei 2016 – PT ANTAM (Persero) Tbk (ANTAM; ASX – ATM; IDX – ANTM) mengumumkan bahwa perusahaan menandatangani Perjanjian Fasilitas Lindung Nilai Foreign Exchange dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Sebagai perusahaan berbasis sumber daya alam, ANTAM turut memanfaatkan lindung nilai untuk meminimalkan eksposur risiko dan kemungkinan kerugian. Fasilitas lindung nilai yang diperoleh ANTAM berjumlah US$20 juta dari Bank Mandiri, US$10 juta dari BRI dan US$30 juta dari BNI.

Direktur Utama ANTAM, Tedy Badrujaman, mengatakan:

“ANTAM menghadapi berbagai macam risiko keuangan, termasuk dampak perubahan harga komoditas dan nilai tukar mata uang asing. Manajemen risiko yang dimiliki ANTAM ditujukan untuk menghadapi ketidakpastian yang dihadapi dalam pasar keuangan dan untuk meminimalkan dampak yang tidak diharapkan pada kinerja keuangan. Penandatanganan fasilitas lindung nilai ini mencerminkan langkah proaktif dalam pengelolaan risiko perusahaan.”

Sebagai perusahaan berorientasi ekspor, pendapatan dan posisi kas ANTAM sebagian besar dalam mata uang Dolar Amerika Serikat sedangkan sebagian besar beban operasi dalam mata uang Rupiah, sehingga ANTAM memiliki eksposur risiko perubahan nilai tukar. Untuk meminimalkan risiko foreign exchange yang dihadapi, ANTAM memiliki strategi lindung nilai melalui instrumen natural hedging serta instrumen lindung nilai lain seperti plain vanilla options dan forward and cross currency swaps (CCS) options. Kebijakan lindung nilai di ANTAM mengacu pada Peraturan Menteri BUMN No. PER-09/MBU/2013 tentang Kebijakan Umum Transaksi Lindung Nilai BUMN, Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 16/18/PBI/2014 tentang Transaksi Lindung Nilai Kepada Bank dan PBI No. 17/15/PBI/2015 tentang Transaksi Valuta Asing Terhadap Rupiah Antara Bank dan Pihak Domestik.

Source ANTAM Menandatangani Fasilitas Lindung Nilai dengan Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Negara Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.