ANTAM Memperoleh Predikat Penghargaan Khusus “IDX Best Blue 2016

21

Jakarta, 4 Oktober 2016 – PT ANTAM (Persero) Tbk (IDX: ANTM; ASX: ATM; ANTAM) mengumumkan bahwa perusahaan mendapatkan predikat khusus “IDX Best Blue 2016” dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) atas pertumbuhan kinerja terbaik pada periode satu tahun terakhir. Predikat IDX Best Blue 2016 mengutip istilah Blue Chip yang dikenal sebagai kumpulan saham yang paling likuid ditransaksikan oleh investor. Penghargaan “IDX Best Blue 2016” diberikan kepada Direktur Utama ANTAM Tedy Badrujaman oleh Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio. Pemberian penghargaan juga dihadiri oleh Komisaris Independen ANTAM Laode M. Kamaluddin dan Direktur Keuangan ANTAM Dimas Wikan Pramudhito.

Direktur Utama ANTAM, Tedy Badrujaman mengatakan:

” Predikat IDX Best Blue 2016 merefleksikan pertumbuhan kinerja Perusahaan yang semakin positif. Meski masih menghadapi tantangan fluktuasi harga komoditas, di semester I 2016 ANTAM sudah mencatatkan laba bersih dimana capaian laba ini merupakan peningkatan signifikan jika dibandingkan capaian rugi bersih pada semester I 2015. Selain itu, untuk meningkatkan imbal hasil yang lebih besar bagi para investor, kami terus melakukan inovasi untuk tetap menjaga kualitas produk yang prima serta terus menekan biaya produksi yang rendah. “

Kriteria yang digunakan BEI dalam penilaian predikat IDX Best Blue yaitu saham tercatat di BEI satu tahun terakhir, jumlah investor yang memiliki saham, tingkat transaksi perdagangan saham, memiliki pertumbuhan harga saham yang signifikan serta memiliki fundamental yang sehat. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, kepemilikan saham ANTAM meningkat sebesar 14,82% selama setahun terakhir. Sementara itu, nilai transaksi satu tahun mencapai 160% dari kapitalisasi pasar (velocity). Data Bursa Efek Indonesia juga mencatat volume transaksi mencapai 33,6 miliar dengan nilai sebesar Rp17,6 triliun. Saham ANTAM juga ditransaksikan setiap hari selama setahun (244 hari). Selain itu, saham ANTAM juga ditransaksikan oleh 20% dari investor yang ada dan dimiliki oleh 60% dari reksa dana yang ada. Dari total 210 reksadana, hampir 107 reksadana memiliki saham ANTAM dan terdapat 109 Anggota Bursa yang mempunyai saham ANTAM dalam portofolionya. Dalam satu tahun terakhir, 34.571 investor mentransaksikan saham ANTAM atau meningkat sebesar 21.571 investor.

Saham ANTAM juga termasuk dalam sebelas emiten berkinerja terbaik tahun 2016. Saham ANTAM juga masih menjadi bagian dari Indeks LQ-45 yang merupakan indikator kelompok saham yang memiliki tingkat likuiditas tertinggi di bursa serta kapitalisasi pasar. Dari sisi fundamental, penjualan bersih ANTAM pada semester I 2016 (1H16) tercatat sebesar Rp4,16 triliun. Komoditas emas menjadi kontributor terbesar dengan kontribusi 68% atau Rp2,84 triliun. Pada 1H16 ANTAM juga mencatat peningkatan signifikan dalam profitabilitas dengan mencetak laba bersih jika dibandingkan capaian rugi bersih pada semester I 2015.

Source ANTAM Memperoleh Predikat Penghargaan Khusus "IDX Best Blue 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.