ANTAM Lestarikan Warisan Budaya Melalui Batik Goes to School

44

Jakarta, 27 Oktober 2015 – Sebagai upaya melestarikan salah satu warisan budaya, PT ANTAM (Persero) Tbk (ANTAM; ASX – ATM; IDX – ANTM) melaksanakan Acara Puncak Batik Goes to School 2015. Batik Goes to School merupakan program CSR unggulan ANTAM yang bekerja sama dengan Batik Handayani, sebagai salah satu mitra binaan. Acara yang dilaksanakan di SMK Negeri 58 Jakarta hari ini, 27 Oktober 2015, merupakan puncak sekaligus penutup dari rangkaian Batik Goes to School yang telah dilaksanakan sejak 6 Oktober lalu.

Direktur Umum dan CSR ANTAM, I Made Surata, mengatakan:

“ANTAM meyakini bahwa batik merupakan warisan budaya yang harus senantiasa dijaga dan dilestarikan terutama pada kaum muda penerus bangsa. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan acara Batik Goes to School tahun ini di Jakarta sebagai program lanjutan dari Batik Goes to School Bogor yang dilaksanakan pada Agustus tahun lalu. Program ini diharapkan dapat meningkatkan awareness dan kecintaan para pelajar terhadap batik. Program CSR ini kami laksanakan berkat sinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang mendukung penuh niat baik kami dalam melestarikan batik.”

Program Batik Goes to School di Jakarta melibatkan 450 pelajar dari 15 sekolah, lebih banyak dari acara pada tahun lalu di Bogor yang diikuti 400 pelajar dari 13 sekolah. Dalam Acara Puncak Batik Goes to School para pelajar diberikan edukasi mengenai Batik Indonesia melalui pengajaran kelas dan praktik membatik. Edukasi ini akan dilakukan oleh Ratna, pengrajin Batik Handayani Geulis Bogor-salah satu mitra binaan dari CSR ANTAM yang telah memegang hak paten beberapa corak/motif batik Bogor. UNESCO (United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tanggal 2 Oktober 2009 telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Batik Indonesia dipandang sebagai warisan kebudayaan untuk budaya lisan dan non bendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity).

Source ANTAM Lestarikan Warisan Budaya Melalui Batik Goes to School

Leave A Reply

Your email address will not be published.