Alat Musik Kuno pada Sound of Borobudur 2016

31

07 Desember 2016 — Hal yang menarik pada Sound Of Borobudur adalah hadirnya mereplika alat musik dawai yg sama dengan gambaran dawai di relief Karmawibhangga Candi Borobudur. Replika alat musik dawai ini telah berhasil dibentuk dan dibunyikan oleh para pembakti budaya.

Sejak tahun 824 Masehi saat peresmian Candi Borobudur , pada bagian panel reiief Karmawibhangga ternyata tergambar dengan jelas beberapa orang memainkan alat musik yang sangat khas. Alat musik itu berdawai dan dipetik dengan jari , ada 3 gambar alat musik berdawai . Dan ada 2 gambar alat musik tiup yang memiliki bentuk sangat khas. Selain ada juga alat musik semacam seruling. Kedua jenis alat musik tersebut tidaklah mirip dengan alat musik dari India ,Thailand dan sekitarnya. Kemiripan alat musik dawai dan tiup itu ada di kampung Dayak Kalimantan. Jenis berdawai disebut Sapèk dan jenis tiup disebut Keledi.
Alat musik itu dibuat lagi persis seperti tampak di relief oleh Ali Gardy pemain dan pembuat dawai asal kampung Langai Situbondo.

Source Alat Musik Kuno pada Sound of Borobudur 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.