Aksi Hijau Jurnalis Tanam Bakau di Pulau Galang

27

26 Februari 2016

Surabaya – Awak redaksi Majalah Dermaga bersama para jurnalis Surabaya melakukan aksi hijau penanaman bibit bakau di Pulau Galang, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/2) pagi.

“Kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-27 Majalah Dermaga yang tepatnya akan jatuh besok, Sabtu, tanggal 27 Februari, dengan penanaman 2.700 bibit pohon bakau bersama 27 anak yatim,” kata Pemimpin Redaksi Majalah Dermaga Edi Priyanto, di sela kegiatan.

Edi menjelaskan bahwa Majalah Dermaga yang sudah diterbitkan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III sejak tahun 1989, mungkin merupakan salah satu media massa bidang kepelabuhanan yang tertua di Indonesia. Bahkan pada peringatan Hari Pers Nasional yang dipusatkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, awal bulan ini, versi digital Majalah Dermaga meraih penghargaan bronze winner untuk kategori The Best e-Magazine pada ajang The 5th Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) 2016.

“Kami mensyukuri karena Dermaga menjadi salah satu yang terbaik dari 179 peserta yang mengikuti ajang tahunan bergengsi dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) itu,” ujarnya.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heli Yanto, yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan apresiasinya.

“Penerbitan Majalah Dermaga versi digital yang bisa di-download via http://majalahdermaga.co.id/magazine menjadi inovasi Pelindo III dalam mendorong publikasi yang luas untuk informasi kepelabuhanan demi meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi maritim negeri ini,” katanya.

Sedangkan untuk versi cetak Majalah Dermaga terbit setiap bulan sebanyak 2.000 eksemplar yang dikirimkan gratis kepada para pembaca dari berbagai stakeholder kepelabuhanan dan maritim, baik institusi pemerintah, swasta, maupun yayasan dan lembaga pendidikan. Toto Heli Yanto yang juga pernah menjadi pemimpin redaksi pada tahun 2005-2007 tersebut mengisahkan, pada awalnya Majalah Dermaga hanya berupa buletin yang terbit tidak teratur.

“Namun kini para humas Pelindo III yang tersebar di pelabuhan-pelabuhan cabang dan anak usaha terus dilatih secara terencana dan terjadwal. Hasilnya kini dalam setahun humas bisa memproduksi hingga 500 judul press release dan mengerjakan mengisi konten Majalah Dermaga secara mandiri (swakelola),” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para humas Pelindo III grup (cabang dan anak perusahaan) yang telah aktif bekerja sama menjadi tim redaksi dengan menulis dan memotret untuk mengisi Majalah Dermaga.

“Merupakan bentuk nyata tanggung jawab humas untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, anak yatim yang turut diajak serta pada kegiatan tersebut merupakan warga Kelurahan Osowilangun dan Romokalisari yang tinggal tak jauh dari Terminal Teluk Lamong (TTL), terminal hijau untuk peti kemas dan curah milik Pelindo III. Mereka merasa senang, karena usai belajar menanam bakau juga menerima bantuan peralatan sekolah dan santuan uang.

“Sejak 2014 hingga kini, sekitar 26.000 bibit bakau sudah ditanam oleh Pelindo III bersama warga dan kerjasama dengan pihak lain di pesisir utara Surabaya dan Pulau galang,” terang Direktur Keuangan dan Umum TTL, Haryana, usai acara di pagi cerah tersebut.

Source Aksi Hijau Jurnalis Tanam Bakau di Pulau Galang

Leave A Reply

Your email address will not be published.