AKR Targetkan 60 Hektare Lahan Kawasan Industri JIIPE Terisi

27

05 April 2016

Jakarta – PT AKR Corporindo Tbk dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menargetkan lahan seluas 60 hektare di kawasan industri yang dikelolanya, Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) bisa disewa perusahaan baru hingga akhir tahun ini. Direktur AKR Corporindo Koko Matthew mengatakan sampai sejauh ini sudah ada 16 perusahaan yang menyampaikan minat dan ada beberapa yang akan menyelesaikan uji tuntas (due dilligence) sebelum akhir tahun. Kendati demikian, ia tak mau menyebut nama-nama perusahaan yang dimaksud.

“Sudah ada 16 perusahaan yang terus berkomunikasi dengan kami dan kami optimistis beberapa dari mereka mau menggunakan 60 hektare lahan kami di tahun ini,” jelas Koko kepada CNNIndonesia.com, kemarin. Ia mengatakan, proses due dilligence yang dilakukan calon tenant kadang memakan waktu cukup lama. Pasalnya, perusahaan perlu melakukan studi kelayakan teknis (technical feasibility study) serta legal audit sehingga durasi antara minat perusahaan dengan keputusan akhir membutuhkan waktu satu tahun lebih. “Namun biasanya jika ada perusahaan yang bolak-balik datang dan kini sedang melakukan legal audit, tanda-tandanya mereka akan berkomitmen masuk ke JIIPE. Nanti mungkin akan kami lihat hasilnya seperti apa,” ujarnya.

Di samping itu, Koko juga mengatakan pembangunan pabrik Clariant dan PT Unichem Candi Indonesia akan rampung pada semester I tahun ini. Setelah itu, dua pembangunan lain juga akan dimulai di JIIPE yaitu proyek hub produk kimia milik AKR Corporindo serta satu perusahaan lain yang menyediakan bahan baku bagi industri berbasis bahan baku cair (liquid-based industry). “AKR juga akan bangun di tahun ini untuk mendukung bisnis manufaktur mereka. Apalagi pelabuhan kami sudah bisa dipakai untuk ekspor impor sejak Februari lalu, sehingga bisa menunjang bisnis-bisnis yang ada di Jawa Timur juga,” jelasnya.

Sebagai informasi, kawasan industri JIIPE menempati lahan seluas 2,99 ribu hektar dimana kawasan industrinya sendiri memiliki luas 1,6 ribu hektar atau 53,5 persen dari total lahan JIIPE. Dari total lahan industri tersebut, sebanyak 600 hektar lahan sudah siap jual dengan sistem sewa atau jual status Hak Guna Bangunan (HGB). Kawasan industri JIIPE sendiri dikelola oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, yang merupakan perusahaan patungan (joint venture) AKR Corporindo dengan Pelindo III.

Source AKR Targetkan 60 Hektare Lahan Kawasan Industri JIIPE Terisi

Leave A Reply

Your email address will not be published.