AirNav Indonesia dan SKK Migas Tandatangani MOU Untuk Sektor ABC

20

31 Agustus 2017 | Perum Lembaga Penyelenggana Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau yang biasa dikenal AirNav Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan SKK Migas untuk mendukung pelayanan navigasi penerbangan Indonesia yang dapat meningkatkan keselamatan, efisiensi trransportasi udara serta mendukung industry nasional. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto dan Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi di kantor SKK Migas City Plaza Lt.9, Jakarta (30/9).

“Tujuan dari Nota Kesepahaman ini untuk mendukung pelayanan navigasi penerbangan Indonesia yang dapat meningkatkan keselamatan, efisiensi transportasi udara serta mendukung industri nasional. Khususnya atas pelayanan navigasi dikaitkan dengan program Pemerintah untuk bisa segera melakukan Realignment FIR Sektor ABC. Percepatan atas realignment adalah penting bagi Indonesia untuk mewujudkan keselamatan layanan navigasi dan pada akhirnya kedaulatan atas ruang udara nasional.” Ujar Novie dalam sambutannya.

AirNav Indonesia akan menggunakan Barang Milik Negara untuk pelaksanaan kegiatan Pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Khusus Matak dan Pagerungan yang sebelumnya ada di lingkungan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama untuk penggunaan Barang Milik Negara tersebut yang selanjutnya diatur dalam sebuah perjanjian kerjasama.

Sementara itu, Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi menyabut positif kerjasama dengan AirNav Indoesia. “Harapannya, membuat kegiatan hulu migas menjadi lebih cepat dan efisien, dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku,” kata Amien.

Sesuai amanat PP 77 2012 Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia adalah satu-satunya BUMN yang bertugas mengelola dan menyelenggarakan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia. Atas amanah tersebut, AirNav Indonesia bertanggung jawab atas pelayanan lalu lintas penerbangan, pelayanan telekomunikasi penerbangan, pelayanan informasi aeronautika, pelayanan informasi meteorologi penerbangan, dan pelayanan informasi SAR.

Dengan ditandatanganinya MoU ini, nantinya AirNav Indonesia akan bisa menjalankan fungsi dan tugasnya secara penuh dengan memanfaatkan sumber daya dan peralatan yang dimiliki oleh SKK Migas.

Source AirNav Indonesia dan SKK Migas Tandatangani MOU Untuk Sektor ABC

Leave A Reply

Your email address will not be published.