Ada Pameran Foto Arsip Sejarah Transportasi Udara di Terminal 3

67

22 September 2016

Pemberitaan negatif tentang Terminal 3 (T3) Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta tak menyurutkan pengelolanya untuk tetap memberikan yang terbaik bagi pengguna jasanya. T3 yang didesain dengan konsep art and culture itu menggelar Pameran Arsip Foto dan Film Sejarah Transportasi Udara Indonesia mulai hari ini (21/9/2016) sampai November nanti. Penumpang pesawat udara, yang saat ini di T3 masih penumpang Garuda Indonesia, sebelum terbang atau usai mendarat bisa mampir melihat pameran yang sarat nilai sejarah itu. Sebenarnya bukan cuma penumpang Garuda yang bisa menikmati pameran yang digelar dalam rangkaian Hari Perhubungan Nasional itu. Seperti dikatakan Direktur Fasilitas dan Pelayanan Bandara PT Angkasa Pura II (Persero) Ituk Herarindri,

“Kami ingin menjadikan Terminal 3 tidak hanya sebagai tempat keberangkatan atau kedatangan penumpang pesawat. Lebih dari itu, bandara juga dapat berperan sebagai suatu galeri yang menghibur dan mengedukasi masyarakat.”

Ada 40 foto milik ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) yang menggambarkan sejumlah peristiwa bersejarah terkait kedirgantaraan Indonesia dengan foto tertua yang dibuat pada tahun 1930. Arsip foto yang ditampilkan, antara lain, pesawat DC-3 Seulawah hasil sumbangan rakyat Aceh, ketika Presiden Soekarno tiba di sejumlah lapangan udara di Indonesia seperti Lapangan Udara Kemayoran dan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, juga  peresmian Bandara Internasional Soekarno-Hatta tahun 1985. Arsip lainnya adalah tentang pembuatan pesawat terbang Gelatik oleh PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) di Bandung pada tahun 1976. Kepala ANRI Mustari Irawan menambahkan,

”Selain arsip foto, dapat dilihat juga arsip film peresmian Bandara Internasional Soekarno-Hatta.”

Menurut Ituk, AP II akan rutin menggelar pameran foto dan seni lainnya dengan tema berbeda-beda guna memberikan pengalaman yang berkesan bagi penumpang pesawat dan pengguna jasa lainnya di T3. Pameran arsip foto dan film tersebut sebagai langkah awal bagi AP II dan ANRI dalam bekerjasama sebelum nantinya kembali bersinergi menghadirkan program lain.

“Melalui pameran foto dan film tentang sejarah transportasi udara, kami  berharap para penumpang pesawat dapat lebih mengenal dan mencintai dunia aviasi nasional,” ucapnya.

Source Ada Pameran Foto Arsip Sejarah Transportasi Udara di Terminal 3

Leave A Reply

Your email address will not be published.