6 Gunung Tertinggi di Indonesia

Posted by
9 Peribahasa dengan Kata 'Gunung', Tahu Arti Telaga di Bawah Gunung? 

Indonesia tidak hanya terkenal dengan negara yang kaya dengan laut dan pulau-pulaunya, namun juga terkenal dengan jumlah gunung yang banyak. Jumlah gunung di Indonesia lebih dari 400 gunung yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dan sekitar 100 gunung diantaranya termasuk ke dalam gunung berapi yang masih aktif. Dengan kondisi Indonesia seperti di atas, tidak heran kalau banyak wisatawan di berbagai negara lain tertarik untuk mengunjungi Indonesia. Gunung-gunung tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Bahkan dari ratusan gunung tersebut terdapat gunung yang sangat tinggi yaitu hingga 4000 meter diatas mdpl. Lantas gunung mana saja yang memiliki predikat gunung tertinggi di Indonesia? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Gunung Tertinggi di Indonesia

  1. Gunung Puncak Jaya

Gunung Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang berada di Papua. Gunung ini terkena dengan nama Gunung Jaya Wijaya. Puncak Jaya merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya Papua. Gunung Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl, sehingga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Saat ini Gunung Puncak Jaya telah menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Tidak hanya itu, Gunung Puncak Jaya juga menjadi salah satu Seven Summit di dunia. Gunung ini memiliki daya tarik salah satunya adalah terdapatnya gletser atau padang salju yang tidak dimiliki gunung lainnya di Indonesia. Salju di puncak gunung ini selalu abadi dan tidak pernah hilang.

  1. Gunung Puncak Mandala

Gunung Puncak Mandala juga terletak di tanah Papua, tepatnya di Kabupaten Bintang. Gunung Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Puncak Jaya, dengan ketinggian 4.760 mdpl. Dan gunung ini pun merupakan jajaran dari pegunungan Jaya Wijaya. Gunung Puncak Mandala memiliki nama lain yaitu Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal pada saat penjajahan Belanda. Sama seperti Gunung Puncak Jaya, Gunung Puncak Mandala pun dahulu ditutupi salju, namun karena adanya pemanasan global, salju di Gunung Puncak Mandala pun perlahan menghilang.

  1. Gunung Puncak Trikora

Gunung Tertinggi di Indonesia yang ketiga juga masih berasal dari tanah Papua, tepatnya di Papua Barat, yaitu Gunung Puncak Trikora dengan ketinggian 4.750 mdpl.

Gunung Puncak Mandala memiliki kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous dan Hutan Dipterokap Atas. Titik awal pendakian dari Gunung Puncak Mandala adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

  1. Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit pada masa penjajahan Belanda memiliki nama lain yaitu Gunung Idenburg. Masih berada di daerah Papua yang terletak di rangkaian pegunungan Maoke dengan ketinggian 4.717 mdpl.

  1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah termasuk gunung tertinggi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Jambi. Gunung Kerinci termasuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat dan termasuk gunung berapi yang masih dalam kondisi aktif. Dengan memiliki ketinggian 3.806 mdpl, gunung Kerinci termasuk ke dalam gunung berapi tertinggi di Indonesia. Rute pendakian gunung Kerinci cukup mudah, yaitu melalui Desa Kresik Tuo yang berada di ketinggian 1400 mdpl.

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan Gunung Favorit bagi para pendaki baik lokal maupun luar negeri, karena memiliki keindahan panorama alamnya. Selain itu, Gunung Rinjani terletak di Tanah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani termasuk Gunung Merapi tertinggi di Indonesia yang masih aktif seperti halnya Gunung Kerinci. Dan terakhir meletus yaitu pada tahun 2009-2010 lalu. Daya tarik dari Gunung Rinjani adalah memiliki danau kawah berwarna biru. Danau tersebut bernama Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.000 mdpl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *