55 Juta UMKM Indonesia Tak Bisa Akses Pinjaman Perbankan

30

Kamis, 04 Agustus 2016 | 16:25

Jakarta – Secara kuantitas, UMKM di Indonesia saat ini telah merajai sektor usaha pada berbagai daerah. Dari 250 juta penduduk, terdapat sekira 56,5 juta masyarakat yang bekerja pada sektor UMKM. Hanya saja, dari seluruh total UMKM di Indonesia, sebagian besar pelaku UMKM belum mendapatkan akses ke perbankan untuk mendapatkan tambahan modal. Bahkan, terdapat 55,8 juta UMKM yang belum berhasil menyentuh akses ke perbankan.

“Banyak yang mencoba untuk mengembangkan usaha UMKM. Tapi, masih ada 55,8 juta UMKM yang tidak mendapatkan akses dari bank. Mereka tidak bankable,” kata Mantan Menteri BUMN yang saat ini menjabat Komisaris Utama Pertamina, Tanri Abeng dalam acara World Islamic Economic Forum di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Pemerintah pun dituntut untuk dapat segera melakukan restrukturisasi UMKM. Restrukturisasi ini mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola usaha yang bersifat konglomerasi.

“Sama seperti organisasi manapun, yang penting adalah manajemen. Semua potensi yang ada di Indonesia itu punya pasar. Tapi yang paling penting adalah bagaimana manajemennya. Kalau sudah baik, maka perbankan akan mudah untuk percaya,” tutupnya.

Source 55 Juta UMKM Indonesia Tak Bisa Akses Pinjaman Perbankan

Leave A Reply

Your email address will not be published.