5 Cara Jualan Online Untuk Pemula yang Anti Gagal

Posted by

Cara jualan online sangat penting untuk dipelajari oleh masing-masing orang yang ingin memulai bisnisnya di dunia internet. Hal ini berlaku untuk setiap orang yang ingin memulai usaha baik usaha kecil maupun usaha skala besar. Saat ini Anda bisa mempelajari cara berjualan secara online baik dalam artikel maupun Youtube. Pada artikel ini akan dijelaskan cara berjualan online untuk pemula agar bisa mencapai target yang diinginkan.

  1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah ini menjadi tujuan awal agar bisnis Anda berkembang dengan baik dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebaiknya gunakan perencanaan yang matang agar Anda tidak salah menentukan apakah akan berupa produk atau jasa.

 Jika Anda telah menentukan hal tersebut pasti akan meringankan beban pikiran dan tujuan menjadi jelas. Cara ini dapat Anda lakukan dengan cara melakukan survey terlebih dahulu kebutuhan konsumen yang diinginkan.

Sebagai contoh Anda seorang mahasiswa maka bisa menjual semacam tas kuliah atau baju. Misal Anda seorang ibu rumah tangga maka Anda bisa menjual peralatan dapur atau rumah tangga. Dengan begitu dengan adanya relasi yang selaras dengan produk yang Anda jual maka produk Anda akan bisa melejit di pasaran.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini perkembangan penjualan online telah merambah ke berbagai lini internet termasuk media sosial. Secara langsung peran media sosial sangatlah tinggi terhadap kelangsungan bisnis Anda. Terlebih jika banyaknya pengguna media sosial yang sangat menjamur dan kebanyakan dari mereka bergaya hidup konsumtif.

Oleh karena itu pangsa pasar pada media sosial bisa terbilang sangat empuk. Anda bisa meminta bantuan kepada seleb media sosial tersebut untuk mengiklankan produk Anda. Maka secara otomatis, produk Anda akan berkembang dengan baik dan cepat merambah ke pasar yang luas.

  1. Usahakan Membuat Website Pribadi

Sebuah usaha akan dinilai profesionalitasnya melalui website yang telah mereka bangun dan buat. Dengan cara membuat website sebagai alamat resmi, maka konsumen semakin yakin bahwa bisnis Anda sudah berdiri resmi.

Hal ini karena banyak sekarang perusahaan yang mengatasnamakan penjualan produk tapi hanya untuk melakukan penipuan. Tak hanya untuk keamanan, penggunaan website ini juga memungkinkan penjualan dalam skala besar.

Jika hal ini telah Anda lakukan maka tak heran jika bisnis Anda akan mencapai beberapa tempat penjualan. Anda bisa menghubungkan alamat website ini juga kepada akun resmi media sosial yang Anda gunakan. Namun pembuatan website ini membutuhkan biaya domain apabila Anda ingin secara resmi membangun website ini.

  1. Pelajari Data Menggunakan Google Analitik

Jika ingin serius berjualan secara online maka Anda perlu mempelajari data yang tersedia pada google berkaitang dengan bisnis yang Anda jalankan. Upaya promosi yang Anda lakukan bisa dipelajari melalui data penjualan.

Berbicara data penjualan bisa secara otomatis dapat menggunakan fitur report di CMS. Dari data ini Anda dapat mengetahui produk jualan paling laris, kapan penjualan akan meroket, dan produk seperti apa yang disukai oleh banyak konsumen. Anda bisa memanfaatkan Google Analitik untuk melacak perolehan data tersebut.

  1. Gunakan Strategi Konten Marketing

Konten marketing adalah cara atau teknik yang dilakukan untuk promosi menggunakan konten yang relevan, bermanfaat, dan menarik pendengar atau sasaran. Semakin bagus konten yang dibikin maka akan cepat semakin terkenal bisnis Anda. Saat ini banyak konten dalam bentuk tulisan artikel, iklan, maupun video promosi produk.

Jika Anda telah mempelajarinya dengan baik dapat dipastikan penjualan Anda juga akan mencapai target yang diinginkan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *