4 Metode KB Alami yang Aman untuk Pasangan Suami Istri

Posted by
6 Efek Samping Pil KB yang Paling Sering Muncul (Puhhha/Shutterstock)

Salah satu goals dari sebuah pernikahan adalah memiliki keturunan. Dimana keturunan inilah yang akan menjadi penerus kedua orang tuanya, juga penerus generasi. Namun dalam prakteknya, apabila dilihat dari beberapa sisi termasuk kesehatan, mengandung dan melahirkan secara terus menerus setiap tahunnya tidak dianjurkan . Hal ini karena akan beresiko tinggi terhadap kesehatan ibu. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya pemberiaan jarak kehamilan yakni dengan cara pencegahan.

Upaya pencegahan ini umumnya di sebut KB, dari pihak pemerintahpun sudah menyediakan berbagai pilihan KB yang tersedia di tenaga kesehatan terkait yakni bidan atau dokter. Meski penggunaan KB ini cukup banyak yang membuahkan hasil, akan tetapi tidak sedikit juga wanita yang tidak cocok dan justru mengalami efek samping lain yang mengganggu.

Selain KB yang disediakan oleh pemerintah, sebenarnya masih ada pilihan KB lainnya yakni KB alami. Dimana KB ini tanpa mengkonsumsi obat apapun, akan tetapi lebih pada metode tertentu. Jenis KB alami ini bisa jadi alternative bagi wanita yang tidak cocok menggunakan KB dari pemerintah. Hanya saja perlu ketelitian dan kesabaran untuk KB alami ini.

Beberapa metode KB alami yang aman

  • Menggunakan metode perhitungan kalender

Metode pencegahan kehamilan kalender ini adalah dilakukan dengan menghitung masa subur menggunakan kalender menurut masa haid. Untuk menggunakan metode kalender, anda harus mencatat dengan pasti tanggal haid pertama anda dan hari terakhir.

Umumnya masa subur wanita dilihat dari 18 hari sebelum hari pertama haid, dan masa subur ini akan berakhir 11 hari sebelum hari pertama haid. Hanya saja, tidak semua wanita dapat menghitung masa subur wanita dengan cara ini, hal ini karena periode haid masing-masing wanita berbeda ada yang 28 hari dan 30 hari.

Pasangan suami istri tidak dianjurkan untuk bersenggama pada masa subur tersebut hingga masa subur tersebut berakhir, hal ini karena senggama yang dilakukan saat masa subur akan berpotensi besar terjadinya pembuahan atau kehamilan.

  • Menggunakan kondom

KB alami yang cukup popular dan banyak digunakan adalah menggunakan kondom. Metode KB ini menggunakan alat kontrasepsi yang berupa kondom, biasanya kondom ini terbuat dari lateks yang dipakai pada alat kelamin laki-laki saat bersenggama dengan istrinya. Fungsi kondom ini adalah untuk mencegah masuknya sperma pada rahim istri, sehingga proses pembuahan bisa dicegah.

  • Mengecek mucus

Metode ini adalah salah satu cara lain untuk mendeteksi masa subur wanita. Mucus merupakan cairan kental yang dikeluarkan oleh kelenjar mukosa vagina. Cara mengecek mucus ini dilakukan dengan cara menarik mucus atau lendir kental dan bening yang keluar pada vagina. Mucus akan keluar banyak beberapa waktu sebelum ovulasi.

Jika mucus kental dan tidak mudah putus saat ditarik, itu artinya seorang wanita sedang dalam masa subur. Dan sebaliknya, jika mucus dalam kondisi agak encer dan mudah putus saat ditarik, berarti wanita sedang tidak dalam kondisi masa subur

Jika anda ketahui kondisi mucus anda kental dan tidak mudah putus, sebaiknya hindari berhubungan suami istri untuk mencegah terjadinya kehamilan.

  • Metode enjakulasi luar

Metode enjakulasi luar ini sangat mudah dilakukan, hanya saja tidak semua pasangan suami istri terlebih pihak suami mau menggunakan metode ini. Enjakulasi luar maksudanya adalah mengeluarkan sperma atau mani diluar vagina istri saat penetrasi, sehingga sperma tidak bisa masuk pada rahim istri.

Itu tadi beberapa metode KB alami yang cukup aman dan cukup sering digunakan oleh pasangan suami istri pada umumnya. Anda bisa mencoba beberapa metode ini jika dirasa alergi atau takut dengan efek samping dari KB buatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *