20 SMN Asal Papua Barat Diserahkan ke Fasharkan AL Manokwari

18

04 Agustus 2019 | INAPORT4 – General Manager PT Pelindo IV (Persero) Cabang Manokwari, Suparman, menerima 20 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Papua Barat dari Kadis Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, Minggu (4 Agustus 2019).

Sebanyak 20 SMN yang berasal dari berbagai sekolah di Papua Barat itu kemudian diserahkan kepada Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) TNI AL Manokwari, Letkol Laut (T) Purwoko Hadijantono, untuk dibina dan diberi pembekalan tentang etika, disiplin, mental, fisik dan wawasan kebangsaan.

Selanjutnya, 20 SMN yang telah mendapatkan pembinaan dan pembekalan tersebut akan dikirim ke Sulawesi Barat dan sebaliknya SMN dari Mamuju, Sulbar akan berada di Manokwari selama satu minggu untuk saling mengenal potensi dan budaya daerah yang dikunjungi.

SMN adalah program yang digagas Kementerian BUMN yang ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Peserta kegiatan adalah Pelajar SMA/SMK/SLB kelas XI dari sejumlah kabupaten dan kota yang ada di provinsi tersebut (1 orang dari setiap kabupaten/kota). Untuk Provinsi yang mempunyai kurang dari 18 kabupaten/kota, jumlah peserta minimal 20 siswa yang mewakili seluruh kabupaten/kota. Dari seluruh peserta yang dikirimkan, ditambah 3 orang yang merupakan siswa penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB.

Siswa dari seluruh provinsi akan dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu, yakni pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus tahun 2019, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain, melalui sistem seleksi berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan. Peserta akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi yang ditunjuk (1 orang), Guru Teladan Tingkat Provinsi (2 orang) dan perwakilan BUMN PIC asal.

Source 20 SMN Asal Papua Barat Diserahkan ke Fasharkan AL Manokwari

Leave A Reply

Your email address will not be published.