14 Penumpang Selamat dari Kebakaran Kapal

47

02 Februari 2015

Kupang – Sebuah kapal rakyat berpenumpang 14 orang terbakar di dekat dermaga Tenau Kupang, Jumat (30/1/2015). Karena panik, ke-14 penumpang langsung melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. Informasi kebakaran kapal ini diterima Badan SAR Nasional (Basarnas) Kupang yang langsung tutun untuk menyelamatkan para penumpang dan kapal naas tersebut. Bantuan juga datang dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang langsung mengerahkan kapal patrolinya untuk memadamkan api dengan menggunakan hidran kapal.

Bantuan dari TNI AL pun tiba dan langsung mengevakuasi korban bersama Basarnas dan Polisi Air menggunakan perahu karet. Mobil ambulans milik Kantor Kesehatan Pelabuhan disiagakan di tepi dermaha untuk memberikan pertolongan medis kepada para korban selamat. Beruntung ke-14 korban berhasil diselamatkan dan api yang membakar kapal pun sukses dipadamkan.

GM PT Pelindo III Cabang Tenau, Kupang, Denny Wuwungan, yang dihubungi, mengatakan, ini merupakan bagian dari simulasi evakuasi korban kecelakaan kapal di laut. Pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Pelindo III Cabang Tenau, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kantor Distrik Navigasi Pelabuhan, TNI AL Lantamal VII Kupang, polisi air, basarnas dan KP3 Laut Tenau.

“Kegiatan ini juga bertepatan dengan bulan K3 Nasional tahun 2015. Kegiatan ini sengaja kami adakan lewat kerja sama dengan beberapa instansi terkait. Kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan koordinasi dan kesiapan unsur maritim pelabuhan jika terjadi kecelakaan kapal di laut,” ujar Denny. “Kita harus benar-benar siap menghadap keadaan yang tidak diinginkan, salah satunya kecelakaan di laut. Koordinasi antara instansi terkait sangat penting dalam mengantisipasi hal ini,” ujar Denny.

Source 14 Penumpang Selamat dari Kebakaran Kapal

Leave A Reply

Your email address will not be published.