100 Persen Nagari di Kabupaten Dharmasyara Terlistriki

24

Padang,  22 Maret 2016 –  PT PLN (Persero)  Wilayah Sumbar memegang komitmen untuk terus meningkatkan rasio elektrifikasinya, Hal ini dibuktikan melalui penambahan jaringan listrik di Nagari Lubuk Karak dan Nagari Banai Kecamatan IX Koto yang terdiri dari 4 (empat) jorong, dengan pembangunan jaringan listrik ini,  maka 100% nagari di Kabupaten Dharmasraya sudah teraliri listrik.

Melalui Pekerjaan yang berjalan selama 4 (empat)  bulan, PLN berhasil membangun Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 9,2 KMS,  3 (tiga) buah trafo distribusi dan Saluran Kabel Udara Tegangan Rendah (SKUTR)  8,1 KMS, keseluruhannya berhasil terselesaikan pada Senin (21/3) dan diresmikan oleh Bupati Dharmasraya bertempat di SDN 12 IX Koto,  Kabupaten Dharmasraya.

Acara peresmian ditandai dengan Penekanan tombol sirene oleh Bupati Dharmasraya dan GM PLN  yang diwakili oleh Manajer SDM & Umum,  Lala Arief Fadila, menandakan bahwa secara simbolis pembangunan jaringan listrik di Lubuk Karak dan Nagari Banai telah resmi. Penginputan token ke salah satu pelanggan berjalan dengan lancar.  Sejalan dengan diinputnya token,  maka lampu di salah satu ruangan kelas SDN 12 IX Koto pun menyala. Wali Nagari Lubuk Karak, Marti Aziz, merasa lega dan mengapresiasi capaian yang berhasil diraih oleh PLN, dan berharap PLN terus meningkatkan kualitas infratruktur kelistrikannya demi menerangi seluruh Nagari.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Dharmasraya,  Sutan Riska Tuanku Kerajaan,  mengucapkan terima kasih kepada PLN atas penambahan jaringan ini dan mengharapkan pembangunan masih akan terus berlanjut.  Sutan Riska juga berpesan agar penarikan transmisi 150 kV dari Solok Selatan ke Sungai Rumbai segera direalisasikan. Bila ada kendala dalam pembangunan GI tersebut khususnya dalam pembebasan lahan, Bupati siap membantu dalam proses penyelesaiannya.

Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Sumbar Lala Arief Fadilah menegaskan bahwa peningkatan rasio elektrifikasi merupakan misi PLN, hal ini juga sejalan dengan semangat Pemerintah melalui program 35.000 MW yang saat ini tengah dikebut oleh PLN. Meski listrik telah masuk Nagari, Namun Lala mengingatkan agar warga ikut peduli dan menjaga infrastuktur listrik yang ada.

“Dengan masuknya listrik,  masyarakat diharapkan juga peduli dengan keberadaan listrik dengan cara berupaya menghindari hal-hal yang mengakibatkan kecelakaan karena listrik, serta. Ikut menjaga keamanan infratruktur kelistrikan dan agar tetap berhemat dalam pemakaian listrik” ujar  Lala Arief Fadila

Dalam peresmian tersebut juga dilakukan beberapa sosialisasi mengenai kondisi kelistrikan termasuk penyebab padam, serta mengajak masyarakat agar tetap memperhatikan tinggi pohon di sekitar jaringan sehingga tidak menimbulkan gangguan. Keberhasilan pembangunan infrastruktur kelistrikan di  Kabupaten Dharmasraya ini terwujud berkat kerja keras PLN serta sinergi yang baik dengan Pemerintah daerah.

Serta tak lepas dari peran serta masyarakat yang rela merelakan tanah dan tanamannya dipangkas untuk pembangunan jaringan listrik. Pada kesempatan yang sama,  PLN Area Solok kembali menyerahkan bantuan LAZIS kepada 4 (empat) nagari di Kabupaten Dharmasraya berupa 86 (delapan puluh enam) paket berisi bahan pokok pangan.

Kontak :
Agung Murdifi
Plt. Kepala Satuan Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. [email protected]

Source 100 Persen Nagari di Kabupaten Dharmasyara Terlistriki

Leave A Reply

Your email address will not be published.